7 Gereja Aliran Baptis Di Indonesia

 

5. Gereja Perhimpunan Injili Baptis Indonesia (GPIBI)

Gereja Perhimpunan Injili Baptis Indonesia (GPIBI) yang berpusat di Jakarta, tumbuh dari misi Baptis Konservatif dari AS, didirikan tahun1965.

 

6. Sinode Gereja Kristen Baptis Jakarta (SGKBJ)

Sinode Gereja Kristen Baptist Jakarta (SGKBJ)  berpusat di Jakarta, didirikan tahun 1952 oleh misionaris dari Hong Kong untuk jemaat Tionghoa Jakarta.

 

7. Gereja Baptis Anugerah Indonesia (GBAI)

Pada 11 November 1956, badan misi ABMS (The Australian Baptist Missionary Society) membuka pelayanan di Tiom, Kabupaten Jayawijaya dan  melahirkan gereja nasional pada 14 Desember 1966 dengan nama Persekutuan Gereja Baptis Irian Jaya (PGBIJ), yang kemudian berganti nama Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua (PGBP), lihat poin 3 di atas.

Perkembangan berikutnya dari sejarah gereja Baptis di Papua, melalui Konferensi PGBIJ Wilayah Kepala Burung yang berlangsung di Desa Jitmau, Kecamatan Aitinyo, Kabupaten Sorong, pada tanggal 20-23 Juli 1995, lahirlah pernyataan sikap untuk membentuk organisasi gereja sendiri dengan nama Gereja Baptis Anugerah Indonesia (GBAI) dan tanggal 20 Juli 1995 ditetapkan sebagai hari jadinya.

GBAI bukan hasil pemekaran dari PGBIJ, tetapi secara historis adalah gereja nasional yang lahir dari Badan Zending Belanda, Doopqezind de Kerk, yang wilayah operasionalnya di wilayah Kepala Burung dahulu meliputi Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Sorong.

Setelah Trikora (Tri Komando Rakyat) dikumandangkan oleh Presiden Soekarno, pemerintah mendesak para misionaris asing untuk segera meninggalkan Tanah Papua. Umat Baptis di wilayah ini ditinggalkan tanpa gembala.

Kemudian karena merasa memiliki visi yang sama tokoh-tokoh mantan Doopgezind menyambut baik dan menyatakan bergabung dengan PGBIJ yang dilahirkan oleh ABMS pada tahun 1966.

Tetapi mereka kemudian menyatakan diri sebagai Gereja Baptis Anugerah Indonesia (GBAI) seperti telah disebut di atas.

GBAI tetap menjalin hubungan yang baik dengan PGBP. GBAI juga menjadi anggota PBI.

Pada September 2017 GBAI mengirimkan wakilnya mengikuti Asia Pasific Baptist Congres (APBC) ke-9 di Yogyakarta.

 

Itulah 7 Gereja denominasi/aliran Baptis di Indonesia saat ini.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!