7 Gereja Yang Menolak Doktrin Tritunggal

Artikel ini berisi 7 denominasi gereja yang menolak Doktrin Tritunggal/Trinitas.

Ajaran Allah Tritunggal atau Trinitas adalah suatu doktrin atau ajaran yang sangat penting dalam iman Kristen.

Allah tritunggal adalah doktrin unik Kristen yang membedakan agama Kristen dengan agama-agama/kepercayaan-kepercayaan lainnya.

Pada umumnya berbagai denominasi gereja Kristen menerima ajaran Allah tritunggal ini, sekalipun pemahaman doktrin Allah tritunggal gereja-gereja tersebut tidak seragam.

Namun demikian, ada sebagian kecil denominasi gereja yang menolak doktrin Allah Tritunggal.

Doktrin Allah Tritunggal adalah ajaran yang merumuskan bahwa Allah itu adalah esa atau satu, namun memiliki tiga Pribadi atau tiga Oknum.

Ketiga Pribadi Allah ini adalah sederajat, tidak terpisahkan, tetapi dapat dibedakan. Ketiga Pribadi atau Oknum Allah tersebut adalah Allah Bapa, Allah Anak (Yesus Kristus), dan Allah Roh Kudus.

Baca juga: 10 Cara Yesus Menyatakan Bahwa Dia Adalah Tuhan

Ajaran Allah tritunggal bukanlah politeisme, seolah-olah orang Kristen mengakui bahwa Allah itu tiga. Doktrin Allah tritunggal tetaplah menganut monoteisme, percaya hanya pada satu Allah.

Hanya saja Allah tersebut terdiri dari tiga Pribadi atau tiga Oknum yang menyatu sedemikian rupa.

Ajaran Allah tritunggal bukanlah buatan manusia, yang diciptakan oleh gereja; doktrin Allah tritunggal adalah merupakan ajaran Alkitab sendiri.

Memang, doktrin ini baru dirumuskan pada abad keempat Masehi/pada saat Konsili Nicea untuk menentang bidat atau ajaran sesat yang menyerang ajaran Kristen pada masa itu.

Baca juga: 10 Bukti Alkitab Bahwa Yesus Adalah Tuhan

Kendati demikian, gereja tidak menciptakan ajaran Allah Tritunggal, sebagaimana yang dituduhkan oleh banyak orang, baik oleh orang Kristen sendiri yang tidak mengakui doktrin tritunggal maupun oleh mereka yang berasal dari agama lain di luar Kristen.

Gereja, melalui para Bapa Gereja atau teolog Kristen pada masa itu, hanya merumuskan Ajaran Allah Tritunggal berdasarkan ajaran Alkitab sendiri sehingga orang Kristen lebih mudah memahaminya serta dapat menangkal ajaran sesat yang menyerangnya.

Sejatinya ajaran tentang Allah tritunggal sudah muncul di Alkitab, bahkan di Perjanjian Lama sekalipun, walau baru pada zaman Perjanjian Baru hal itu menjadi semakin jelas.

Tentu saja istilah “tritunggal” atau “trinitas” dan istilah-istilah lain yang sejenis, tidak pernah muncul satu kali pun di Alkitab. Tetapi konsep itu ada, bahkan sangat banyak.

Jadi sekali lagi, doktrin Allah tritunggal bukanlah ciptaan gereja pada abad keempat atau buatan para bapa gereja atau teolog/pemimpin Kristen pada masa itu, melainkan kesaksian Alkitab itu sendiri sebagai firman Allah, khususnya Alkitab Perjanjian Baru.

Sebab ada banyak ayat Alkitab Perjanjian Baru yang mengajarkan atau mendukung doktrin/ajaran Allah Tritunggal. (Baca: 10 Bukti Alkitab Tentang Ajaran Allah Tritunggal)

Artikel kali ini akan menyajikan 7 denominasi gereja yang menolak doktrin Allah Tritunggal/Trinitas.

Gereja-gereja ini hanyalah sebagian dari denominasi gereja yang menolak doktrin Allah Tritunggal, yang tidak bisa dicantumkan semua di sini.

Lalu denominasi gereja mana sajakah yang termasuk ke dalam 7 denominasi gereja yang menolak doktrin Allah Tritunggal/Trinitas?

Berikut penjelasannya.

 

1. Saksi Jehova

Denominasi gereja yang menolak doktrin tritunggal, yang pertama adalah Saksi Jehova.

Aliran Saksi Jehova (Inggris: Jehovah’s Witnesses) lahir pada tahun 1870-an atas prakarsa Charles Taze Russell.

Saksi Jehova adalah aliran gereja protestan yang mempunyai beberapa ajaran yang sangat berbeda bahkan bertentangan dengan ajaran-ajaran gereja Protestan lainnya.

Salah satunya adalah dalam hal keilahian Tuhan Yesus.

Jika gereja-gereja Protestan umumnya mengakui/meyakini bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan, yang ilahi, maka Saksi Jehova menolak keilahian Yesus, dan menganggapNya lebih rendah daripada Allah Bapa, bahkan diciptakan oleh Allah (Bapa).

Dengan demikian Saksi Jehova menolak doktrin Allah Tritunggal, yakni ajaran bahwa Allah adalah satu dalam tiga pribadi.

Selain itu, Saksi Jehova juga mempunyai Alkitabnya sendiri, yang diterjemahkan mengikuti ajaran yang mereka anut.

Sehingga, sebagai konsekwensinya, ayat-ayat yang merujuk pada keilahian Yesus atau doktrin tritunggal diterjemahkan secara lain.

Saksi Jehova sendiri mengklaim jumlah anggotanya sekitar 8,58 juta jiwa, yang tersebar di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

 

2. Mormon

Mormon juga termasuk denominasi gereja yang menolak doktrin tritunggal.

Mormon adalah aliran gereja yang lahir di Amerika Serikat pada tahun 1820-an,  dipelopori oleh John Smith.

Nama formalnya adalah: The Church of Jesus Christ of Latter-day Saints (LDS Church atau Mormon Church), yang diklaim sebagai gereja yang dipulihkan oleh Tuhan Yesus.

Secara umum Mormon memiliki banyak kesamaan doktrin dengan aliran-aliran gereja Protestan lainnya. Itulah sebabnya Mormon dikategorikan sebagai aliran Protestan.

Kendati demikian, gereja Mormon juga mempunyai beberapa perbedaan yang mencolok dengan aliran-aliran gereja Protestan lainnya.

Bahkan ajaran Mormon tersebut sudah dianggap sesat dan menyimpang dari Alkitab.

Misalnya ajaran tentang poligami yang dipraktekkan oleh sebagian anggota jemaat Mormon (yang diajarkan dan dipraktekkan oleh John Smith sendiri), yang tidak sesuai dengan pandangan Alkitab dan pandangan Kristen pada umumnya.

Selain itu gereja Mormon juga mempunyai “kitab suci” tambahan, yakni kitab Mormon, sehingga bertentangan dengan prinsip gereja-gereja Protestan yang hanya menerima Alkitab sebagai satu-satunya Kitab Suci yang berwibawa (Sola Scriptura).

Kitab Mormon (The Book of Mormon) diyakini oleh John Smith dan para pengikutnya sebagai tulisan para nabi kuno yang tersembunyi dan diperintahkan oleh seorang malaikat untuk diterjemahkan oleh John Smith.

Kitab Mormon banyak berisi hal-hal yang bertentangan dengan Alkitab serta hal-hal yang tidak disebut di Alkitab.

Aliran Mormon tersebar di berbagai negara, termasuk di Indonesia, dan jumlah anggotanya diklaim oleh gereja Mormon sebanyak 16.118.169 jiwa (data tahun 2017).

 

3. Iglesia Ni Cristo

Denominasi gereja lain yang menolak doktrin tritunggal adalah Iglesia ni Cristo.

Iglesia ni Cristo (“Gereja Kristus”), Inggris: Church of Christ, adalah salah satu denominasi gereja yang besar di Filipina.

Gerakan ini didirikan oleh Felix Ysagun Manalo pada tahun 1914 di Filipina.

Kemudian, namanya diubah menjadi Iglesia ni Cristo (INC), yang dalam bahasa Tagalog artinya gereja Kristus.

Jumlah anggota jemaat gereja ini sekitar 1 juta jiwa di Filipina, dan lebih 3 juta jiwa di dunia.

Iglesia ni Cristo menolak keilahian Yesus dan menolak doktrin tritunggal.

 

4. Christadelphians

Denominasi gereja berikutnya yang menolak  doktrin tritunggal adalah Christadelphians.

Gereja Christadelphians mengajarkan bahwa Yesus hanyalah Anak Allah, bukan Allah.

Karena itu mereka menyangkal doktrin Tritunggal/Trinitas.

Gereja Christadelphians memiliki sekitar 60.000 penganut, terutama di Australia, Inggris, India dan Afrika.

Christadelphian didirikan oleh John Thomas pada tahun 1848.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!