7 Jenderal Kristen dengan jabatan strategis ini adalah para jenderal Kristen aktif yang sedang menempati berbagai jabatan strategis di TNI, Polri, dan di lembaga negara lainnya.

7 Jenderal Kristen tersebut memiliki pangkat minimal bintang tiga atau jenderal bintang tiga, yakni Letjen di TNI dan Komjen di Polri.

Satu orang di antara mereka adalah jenderal bintang 4, sedangkan enam orang lagi berpangkat jenderal bintang tiga.

Baca juga: 20 Jenderal Terbaik Indonesia Beragama Kristen

Dengan demikian, mereka adalah para jenderal Kristen dengan pangkat paling tinggi di TNI, khususnya TNI AD, dan Polri saat ini.

Karena itu mereka adalah para jenderal Kristen yang boleh dikatakan sedang bersinar, atau jenderal-jenderal Kristen paling bersinar.

Di sini didaftarkan 7 Jenderal Kristen dengan jabatan paling  strategis dan pangkat paling tinggi dibanding para jenderal Kristen lainnya.

Baca juga: 50 Jenderal Polri Terbaik Beragama Kristen

Ketujuh Jenderal Kristen tersebut adalah Jenderal beragama Kristen Protestan maupun Jenderal beragama Kristen Katolik.

Siapa sajakah mereka?

Berikut daftarnya serta sedikit tentang profil mereka.

 

1. Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (Kapolri)

Jenderal Kristen dengan pangkat paling tinggi dan jabatan paling strategis, yang pertama adalah Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Saat ini Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo  lahir di Ambon pada 5 Mei 1969.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo merupakan lulusan Akpol tahun 1991.

Selain itu, Jenderal Listyo Sigit Prabowo adalah mantan ajudan Presiden Jokowi.

Jabatan yang pernah dipegang Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Polri antara lain adalah: Kapolres Pati, Kapolres Sukoharjo, Kapolresta Surakarta (Solo), Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri, dan Dirreskrimum Polda Sultra.

Lalu, Kapolda Banten, Kadiv Propam Mabes Polri, Kepala Badan Reserse Dan Kriminal Polri (Kabareskrim Polri), dan kini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). (Baca: 3 Jenderal Kristen Yang Pernah Menjadi Kapolri)

Advertisements
Ad 16
Advertisements Text

 

2. Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin (Pangkogabwilhan III)

Jenderal Kristen dengan pangkat paling tinggi dan jabatan paling strategis, yang kedua adalah Letnan Jenderal TNI Jeffry Apoly Rahawarin.

Saat ini Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin mengemban amanat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III).

Letnan Jenderal TNI Jeffry Apoly Rahawarin lahir di Ambon, Maluku, pada 21 Januari 1964.

Ia merupakan lulusan Akmil tahun 1988, serta Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad), Sesko TNI, dan Lemhannas.

Sebelum menjadi Pangkogabwilhan III,  Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin pernah mengemban sejumlah jabatan yang cukup strategis di TNI.

Antara lain, Komandan Kodim 0405/Lahat, Asisten Intelijen Kasdam II/Sriwijaya, Asisten Deputi Koordinasi Intelijen Pertahanan Kemenko Polhukam, serta Asisten Deputi Koordinasi Doktrin dan Strategi Pertahanan Kemenko Polhukam.

Lalu, Staf Ahli bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam,
Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura, dan kini Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III).

 

3. Komjen Pol. Paulus Waterpauw (Kabaintelkam Polri)

Jenderal Kristen dengan pangkat paling tinggi dan jabatan paling strategis, yang ketiga adalah Komisaris Jenderal Polisi Drs. Paulus Waterpauw.

Komjen Pol Paulus Waterpauw saat ini mengemban tugas sebagai Kepala Badan Intel dan Keamanan Polri (Kabaintelkam Polri).

Komisaris Jenderal Polisi Drs. Paulus Waterpauw lahir di Fakfak, Papua Barat, pada 25 Oktober 1963.

Jabatan strategis yang pernah diembannya di Polri antara lain adalah: Wakapolda Papua, Kapolda Papua Barat, Kapolda Papua, dan Wakabaintelkam Polri.

Lalu, Kapolda Sumatera Utara, ditunjuk kembali menjadi Kapolda Papua, dan kini menjabat Kepala Badan Intel dan Keamanan Polri (Kabaintelkam Polri).

 

4. Letjen TNI Tiopan Aritonang (Staf Khusus Panglima TNI)

Jenderal Kristen dengan pangkat paling tinggi dan jabatan paling strategis, yang keempat adalah Letnan Jenderal TNI Tiopan Aritonang.

Letnan Jenderal TNI Tiopan Aritonang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Panglima TNI.

Sebelumnya ia merupakan Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI (DanKodiklat TNI).

Letjen TNI Tiopan Aritonang lahir di Medan, Sumatera Utara, pada 16 November 1963.

Letjen TNI Tiopan Aritonang pernah mengemban sejumlah jabatan yang cukup strategis di TNI.

Antara lain, Danrem 121/Abw, Danpuslatpur Kodiklat TNI-AD, Dirdok Kodiklat TNI-AD, dan Kasdam I/Bukit Barisan.

Lalu, Pangdam XIII/Merdeka, Asisten Operasi Panglima TNI, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI (DanKodiklat TNI), dan kini menjabat sebagai Staf Khusus Panglima TNI (Baca: 5 Jenderal Kristen Yang Sedang Bersinar)

 

Tinggalkan Balasan