7 Jenderal Terbaik Indonesia Beragama Kristen

 

Artikel ini berisi tentang 7 Jenderal terbaik Indonesia beragama Kristen, baik Kristen Protestan maupun Kristen Katolik.

Artikel ini merupakan sambungan dari artikel berjudul, 20 Jenderal Terbaik Indonesia  Beragama Kristen

Sepanjang sejarahnya, sebelum dan setelah kemerdekaan, Republik Indonesia (RI) telah banyak menghasilkan jenderal terbaik.

Baik jenderal bintang satu (Brigadir Jenderal), jenderal bintang dua (Mayor Jenderal), jenderal bintang tiga (Letnan Jenderal), maupun Jenderal bintang empat (Jenderal penuh).

Mereka adalah para pemimpin di tubuh Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI-AD), yang memimpin TNI atau sebuah kesatuan/pasukan di tubuh TNI/AD, serta berprestasi dan mendapat sejumlah penghargaan atas tugas dan karya mereka.

Baca juga: 4 Jenderal Kristen Yang Pernah Menjadi Panglima TNI

Dari sekian banyak jenderal tersebut, banyak juga jenderal yang beragama Kristen, baik  Kristen Protestan maupun Kristen Katolik.

Di sini akan dibahas tentang 7 Jenderal terbaik Indonesia beragama Kristen/Katolik, yang dianggap sebagai jenderal terbaik Kristen/Katolik di Indonesia, sejak pra-kemerdekaan RI hingga pada masa kini.

Baca juga: 50 Jenderal Polri Terbaik Beragama Kristen

Para jenderal ini dianggap terbaik karena mereka pernah berprestasi/mendapat penghargaan (baik sebelum maupun sesudah berpangkat jenderal).

Atau, karena menduduki posisi/jabatan strategis di kesatuan Angkatan Darat, di tubuh TNI secara umum, bahkan di pemerintahan (tentu karena dianggap pantas).

Mereka semua minimal berpangkat Letnan Jenderal (bintang tiga), tetapi semuanya kini sudah pensiun dari dinas militer.

Baca juga: 5 Jenderal Kristen Yang Sedang Bersinar

Sebagian di antara mereka sudah meninggal, dan sebagian lagi masih hidup, bahkan ada yang masih menduduki suatu jabatan strategis di dalam pemerintahan.

Siapa sajakah 7 jenderal terbaik Indonesia beragama Kristen/Katolik tersebut?

Berikut pembahasannya.

 

1. Letnan Jenderal Jamin Ginting

Jenderal terbaik Indonesia beragama Kristen yang pertama adalah Letnan Jenderal (Purn) Jamin Ginting.

Letjen Jamin Ginting lahir di Desa Suka, Tiga Panah, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada 12 Januari 1921.

Setelah menamatkan pendidikan sekolah menengah dia bergabung dengan satuan militer yang diorganisir oleh opsir-opsir Jepang.

Ketika pemerintah Jepang membangun kesatuan tentara guna menambah pasukan mereka untuk mempertahankan kekuasaan mereka di Asia, Jamin Ginting muncul sebagai seorang komandan.

Setelah Jepang menyerah kepada sekutu pada Perang Dunia II, Jepang menelantarkan daerah kekuasaan mereka di Asia dan kembali pulang ke Jepang. Dan Jamin Ginting bergerak cepat untuk mengkonsolidasi pasukannya.

Di kemudian hari anggota pasukan Jamin Ginting ini mucul sebagai pionir-pionir pejuang Sumatera Utara dalam melawan tentara Belanda dan cikal bakal Kodam II/Bukit Barisan di Medan.

Dalam rangka menghadapi gerakan pemberontakan Nainggolan di Medan (Sumatera Utara) maka Panglima TT I, Letkol Jamin Ginting melancarkan Operasi Bukit Barisan pada tanggal 7 April 1958. Hasilnya, pasukan Nainggolan mundur ke daerah Tapanuli.

Dengan pangkat Mayor Jenderal, Jamin Ginting menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Front Nasional, di Kabinet Dwikora Revisi Kedua.

Di penghujung masa baktinya, Letnan Jenderal Jamin Ginting menjadi Duta Besar Indonesia untuk Kanada. Di  mana ia meninggal pada 23 Oktober 1974.

Atas jasa-jasanya, Letnan Jenderal Jamin Ginting ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. (Baca: 20 Pahlawan Indonesia Beragama Kristen Terpopuler)

Jalan Jamin Ginting di kota Medan merupakan penghormatan baginya.

 

2. Letnan Jenderal Julius Henuhili

Jenderal terbaik Indonesia beragama Kristen yang kedua adalah Letnan Jenderal (Purn) Julius Henuhili.

Tidak banyak informasi yang didapat tentang profil  Letnan Jenderal (Purn) Julius Henuhili.

Tetapi Letjen Julius Henuhili berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Julius Henuhili adalah taruna angkatan pertama Akademi Militer Yogyakarta, yang kemudian jadi perwira artileri.

Dia pernah menjadi Komandan Jenderal Akademi ABRI (Danjen Akabri) dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal.

Letjen Julius Henuhili juga pernah menjadi anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ketika Ketua BPK dijabat oleh Jenderal M. Jusuf.

Letjen Julius Henuhili dianggap sebagai seorang jenderal pemikir dan konseptor ulung.

 

3. Letnan Jenderal E.E. Mangindaan 

Jenderal terbaik Indonesia beragama Kristen yang ketiga adalah Letnan Jenderal TNI (Purn) E.E. Mangindaan.

Letnan Jenderal TNI (Purn) E.E. Mangindaan merupakan orang Minahasa yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 5 Januari 1943.

Letnan Jenderal TNI (Purn) E.E. Mangindaan adalah seorang mantan perwira tinggi militer yang pernah menjabat sebagai Pangdam VIII/Trikora.

Ia kemudian menjadi Gubernur Sulawesi Utara periode 1995-2000.

Setelah itu, ia terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2004-2009 dan periode 2014-2019 dari Partai Demokrat. (Baca: 82 Anggota DPR RI Beragama Kristen)

Ia menjabat sebagai Ketua Komisi II pada periode 2004-2009 dan menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) pada periode 2014-2019.

Letnan Jenderal TNI (Purn) E.E. Mangindaan pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan serta Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Ia juga pernah menjadi Ketua Harian Dewan Pembina Partai Demokrat.

 

4. Letnan Jenderal F.X. Sudjasmin 

Jenderal terbaik Indonesia beragama Kristen yang keempat adalah Letnan Jenderal F.X. Sudjasmin.

Letjen TNI (Purn) Fransiskus Xaverius Sudjasmin lahir pada 26 Agustus 1943.

Letjen FX. Sudjasmin merupakan lulusan Akademi Militer Nasional tahun 1964.

Ia merupakan salah satu Perwira TNI yang berjasa dalam memberantas PKI.

Jabatan yang pernah diemban oleh Letjen F.X. Sudjasmin, antara lain: Komandan Komando Resort Militer 073/Makuratama, Panglima Divisi Infanteri 1/Kostrad, dan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) II/Sriwijaya.

Ia kemudian menjadi Inspektur Jenderal TNI AD, lalu menjadi Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat. (Baca: 8 Jenderal Kristen Yang Pernah Menjadi KASAD Dan WAKASAD)

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!