7 Jenderal Terbaik Indonesia Beragama Kristen

 

5. Letnan Jenderal

Hinsa Siburian 

Jenderal terbaik Indonesia beragama Kristen yang kelima adalah Letnan Jenderal TNI Hinsa Siburian.

Letnan Jenderal TNI Hinsa Siburian (Purn) lahir di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pada 28 Oktober 1959.

Letjen Hinsa Siburian merupakan lulusan terbaik Akmil tahun 1986 sehingga meraih penghargaan Adhi Makayasa. (Baca: 6 Jenderal Kristen Lulusan Terbaik Akmil).

Selain berpengalaman di bidang infanteri, Letjen Hinsa juga banyak berkarier di baret merah/Kopassus.

Pendidikan yang ditempuhnya antara lain: AKmil, Sussarcab Inf, Suslapa I Inf, Selapa II Inf, Seskoad, Sesko TNI, dan Lemhannas.

Jabatan yang pernah diembannya antara lain: Danton Kopassus, Dan Unit-2/1 Den-81 Kopassus, Dan Tim-1 Den-81 Kopassus, Dansubtim-1/2 Den-81 Kopassus, Dansatdik Gultor Den-81 Kopassus, Kasi-1 Grup-2 Kopassus, Dansepursus Grup-5 Kopassus, Danyon-51 Grup-5 Kopassus.

Lalu, Danyon Aksussat-81 Kopassus, Dansatdik Komando Pusdikpassus, Dandim 1710/Mimika, Waasintel Kasdam XVII/Trikora, Kasrem 172/Praja Wira Yakthi, Asops Kasdivif-1/Kostrad, Asops Kas Kostrad, Danrem 043/Garuda Hitam.

Kemudian, Dirlat Kodiklat TNI, Danrem 173/Praja Vira Braja, Kasdam XVII/Cendrawasih, Asops Kasad, Danpussenif Kodiklatad, Pangdam XVII/Cendrawasih, dan Wakil KSAD.

Kini Letjen Hinsa Siburian menjabat sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sebuah jabatan setingkat menteri.

 

6. Letnan Jenderal TNI Joppye Wayangkau

Jenderal terbaik Indonesia beragama Kristen yang keenam adalah Letnan Jenderal TNI Joppye Onesimus Wayangkau.

Letnan Jenderal TNI (Purn) Joppye Onesimus Wayangkau lahir di Serui, Kepulauan Yapen, Papua, pada 17 Juli 1962.

Wayangkau merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 dari kecabangan Infanteri.

Jabatan yang pernah dipegangnya di militer antara lain: Danyonif 400/Raider, Dandim 0736/Batang, Danbrigif 24/Bulungan Cakti, Asops Kasdam XVII/Cendrawasih, Danrem 172/Praja Wira Yakthi, Irdam XVII/Cendrawasih.

Kemudian, Wadanpussenif Kodiklat TNI AD, Kasdam V/Brawijaya, Pati Sahli TK III Bid Sosbud HAM Panglima TNI, dan Pangdam XVIII/Kasuari. (Baca: 8 Pangdam Dan Kasdam Indonesia Beragama Kristen).

Sebelum pensiun, Letnan Jenderal Joppye Onesimus Wayangkau menjabat sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat.

Hal ini membuat Letnan Jenderal Joppye Onesimus Wayangkau sebagai putra asli Papua pertama yang meraih pangkat Letjen (bintang 3).

 

7. Letnan Jenderal TNI Terawan Agus Putranto 

Jenderal terbaik Indonesia beragama Kristen yang ketujuh/terakhir adalah Letnan Jenderal TNI Terawan Agus Putranto.

Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto lahir di Yogyakarta, pada 5 Agustus 1964.

Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto dikenal sebagai seorang dokter tentara bergelar S3, dan terakhir mengabdi di militer sebagai Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan kemudian ditunjuk oleh presiden Jokowi menjadi Menteri Kesehatan RI (Baca: 5 Menteri Jokowi Jilid 2 Beragama Kristen)

Setelah menjadi Menteri Kesehatan, dokter Terawan pensiun dini dari dinas militer dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal TNI.

Dokter Terawan pernah menjadi anggota Tim Dok­ter Kepresidenan, tahun 2009.

Ia juga menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia, Ketua World International Committee of Military Medicine, dan Ketua ASEAN Association of Radiology.

Dokter Terawan dikenal masyarakat tatkala menemukan metode baru untuk penderita stroke, yang merupakan disertasinya, yakni terapi cuci otak dengan penerapan program Digital Substraction Angiogram (DSA).

Metode ini mengundang pro dan kontra di kalangan praktisi dan akademisi kedokteran, karena dinilai tidak ilmiah.

Bahkan karena hal ini Terawan sampai “dihukum” oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan alasan telah melanggar kode etik kedokteran.

Tetapi metode pengobatan Terawan justru telah diterapkan di Jerman, yang notabene adalah negara termuka di bidang teknologi, dengan nama paten “Terawan Theory”.

Dan banyak tokoh nasional yang telah mengalami kesembuhan setelah “dicuci otaknya” oleh dokter Terawan.

Seperti mantan presiden SBY, Prabowo, Mahfud MD, Hendropriyono, Dahlan Iskan, Aburizal Bakrie, dll.

Atas pengabdiannya di bidang medis, Terawan juga telah mendapatkan sejumlah penghargaan.

 

Itulah 7 Jenderal terbaik Indonesia beragama Kristen, baik Kristen Protestan maupun Kristen Katolik.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!