Categories: TOKOH ALKITAB

7 Karakter Tokoh Natal Yang Patut Diteladani

5. Karakter Simeon: Merindukan Juruselamat

Karakter tokoh Natal di Alkitab yang patut diteladani, yang kelima adalah karakter Simeon: merindukan Mesias/Juruselamat.

Ketika Yesus dibawa ke Bait Suci oleh orang tuaNya pada masa pentahiran (40 hari setelah kelahiran), Simeon menyambutNya dan bernubuat tentangNya di hadapan orang banyak.

Simeon adalah seorang Israel yang saleh dan menanti-nantikan Mesias. Ia merindukan untuk bertemu secara pribadi dengan Mesias, Yesus Kristus. (Lukas 2:25-26).

Dan kepadanya Roh Kudus telah mengatakan bahwa ia tidak akan mati sebelum melihat Juruselamat.

Jadi ketika bayi Yesus dibawa ke Bait Suci ia menatang bayi Yesus lalu berbicara dalam bentuk nubuatan.

Simeon berkata bahwa bayi Yesus adalah Juruselamat bagi Israel dan bangsa-bangsa lain.

Tetapi Ia akan menjadi suatu perbantahan bagi banyak orang (karena ada yang percaya dan ada yang tidak percaya kepadaNya).

Dia juga menubuatkan bahwa jiwa Maria akan begitu tertusuk melihat penderitaan Yesus kelak.

Hal ini menunjuk pada penderitaan dan penyaliban Yesus, di mana Maria menyaksikan semuanya di dekat kayu salibNya, hingga Ia akhirnya mengembuskan nafasNya.

Kerinduan Simeon akan Juruselamat membuatnya punya kesempatan bertemu langsung dengan Mesias, walau ketika Ia masih bayi.

 

6. Karakter Hana: Tekun Berdoa Dan Beribadah

Karakter tokoh Natal di Alkitab yang patut diteladani, yang keenam adalah karakter Hana: tekun berdoa dan beribadah.

Seperti Simeon, Hana bertemu bayi Yesus, yang waktu kecil dibawa ke Bait Suci di Yerusalem oleh orang tuaNya untuk diserahkan kepada Allah, seperti yang diperintahkan dalam Hukum Taurat Yahudi.

Hana mengucap syukur kepada Allah karena Yesus, serta berbicara tentang Yesus kepada orang banyak yang menantikan kelepasan untuk Israel.

Hana diperkenalkan begitu rinci: seorang nabi perempuan, dari suku Asyer, seorang janda berusia 84 tahun, setelah menikah selama 7 tahun dengan suaminya.

Dan yang terpenting adalah catatan mengenai kesalehannya.

Hana disebut sebagai seorang yang tekun beribadah dan berdoa di Bait Suci.

Ia tidak pernah meninggalkan Bait Suci dan siang-malam beribadah kepada Tuhan dengan berdoa dan berpuasa (Lukas 2:36-38).

Usia lanjut tidak menghalangi Hana untuk tekun berdoa dan beribadah kepada Allah.

 

7. Karakter Orang Majus: Rela Berkorban

Karakter tokoh Natal di Alkitab yang patut diteladani, yang ketujuh adalah karakter orang-orang Majus: rela berkorban.

Orang-orang majus dari timur yang datang menjumpai bayi Yesus yang lahir di Betlehem tentu bukan lagi suatu hal yang asing bagi kita orang percaya.

Selain menyembah Yesus, orang-orang majus juga memberikan persembahan-persembahan kepadaNya, yakni emas, kemenyan, dan mur (Matius 2:11).

Pada masa itu, emas, kemenyan, dan mur merupakan benda-benda yang langka dan mahal.

Emas adalah lambang kekayaan. Memiliki emas berarti ia orang kaya. Emas biasa dipakai sebagai persembahan bagi raja-raja pada masa itu.

Kemenyan juga dianggap berharga seperti emas. Kemenyan sering digunakan dalam upacara keagamaan.

Sementara mur, pada zaman dahulu digunakan sebagai bahan untuk parfum dan pedupaan. Sangat besar nilainya, bahkan sering kali lebih mahal daripada emas.

Hal ini berarti bahwa para majus ini mempersembahkan yang terbaik bagi Yesus, sang Raja yang mereka akui dan sembah.

Inilah bentuk pengorbanan terdalam mereka kepada Yesus.

Mereka tidak hanya berkorban waktu dan tenaga, ketika menempuh jarak puluhan hingga ratusan kilo meter dari Persia ke Israel, tetapi juga berkorban secara materi.

 

Itulah 7 karakter tokoh natal di Alkitab yang patut diteladani.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

Page: 1 2