Loading...

7 Parpol Paling Direkomendasikan Untuk Dipilih Umat Kristiani

Loading...

2. Golongan Karya (Golkar)

Partai Golongan Karya (Golkar) merupakan salah satu partai terbesar di Indonesia saat ini.

Partai Golkar adalah bentukan mantan presiden RI, Soeharto, dan sejak pembentukannya partai ini selalu menjadi pemenang Pemilu hingga tumbangnya pemerintahan Orde Baru.

Bahkan di era reformasi pun, Golkar masih pernah menjadi pemenang Pemilu, yakni pada tahun 2004, mengalahkan PDI-P.

Hingga saat ini Golkar, bersama PDI-P, masih merupakan parpol paling berpengaruh di Indonesia.

Dan seperti halnya PDI-P, Golkar mempunya banyak tokoh nasional yang berpengaruh, antara lain: wakil presiden Jusuf Kalla.

Secara umum, Golkar mempunyai persamaan dengan PDIP, sama-sama berjuang untuk tegaknya 4 pilar kebangsaan (lihat poin 1 di atas), selain tentu berjuang untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Golkar kini dipimpin oleh Airlangga Hartarto, yang juga merupaka Menteri Perindustrian RI.

Salah satu tokoh Kristen/Katolik paling berpengaruh di partai ini adalah Theo L. Sambuaga, yang beberapa kali pernah menjabat sebagai pengurus pusat partai serta menteri dan anggota DPR RI, juga satu dari 25 Politisi Indonesia Terpopuler Beragama Kristen

 

3. Nasional Demokrat (Nasdem)

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) merupakan partai yang relatif masih baru di kancah perpolitikan nasional.

Nasdem baru ikut berkontestasi untuk pertama kalinya pada saat Pemilu 2014, dengan berhasil meraih sejumlah kursi di DPR RI (pusat) dan DPRD (provinsi dan kabupaten/kota).

Partai Nasdem boleh dikatakan merupakan pecahan dari partai Golkar, sebab didirikan oleh Surya Paloh, tokoh pers nasional (pemilik Metro TV dan surat kabar Media Indonesia), seorang bekas tokoh Golkar.

Karena itu, seperti Golkar, Nasdem juga berjuang untuk tegaknya 4 pilar kebangsaan (lihat poin 1 di atas), selain berjuang untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Partai Nasdem saat ini masih dipimpin oleh Surya Paloh, pendiri partai tersebut.

Bersama PDI-P, Nasdem adalah partai politik pertama yang mendukung pencalonan Joko Widodo sebagai calon presiden RI pada tahun 2014 silam, dan hingga kini masih tetap setia dalam kubu pemerintahan presiden Jokowi.

Salah satu tokoh Kristen/Katolik paling berpengaruh di partai ini adalah Johnny G. Plate, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

 

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!