7 Perempuan Pemberani Di Alkitab

 

5. Perempuan Yang Bunuh Abimelekh 

Nama perempuan ini tidak disebut, tetapi ia dengan berani menimpakan batu kilangan ke kepala Abimelekh yang membuatnya tewas, walau kematiannya “dibantu” oleh bujang pembawa senjatanya. (Hakim-hakim 9:50-57).

Abimelekh adalah anak Gideon, salah satu hakim Israel terbesar di Alkitab.

Hakim adalah sebutan bagi para pemimpin Israel setelah Musa dan Yosua, sebelum timbulnya lembaga kerajaan di Israel.

Gideon mempunyai banyak istri yang melahirkan 70 anak laki-laki baginya, juga seorang gundik di Sikhem yang melahirkan Abimelekh.

Abimelekh, kemudian membunuh ketujuh puluh anak laki-laki Gideon, hanya satu yang terluput.

Abimelekh kemudian mengangkat dirinya sebagai raja Israel di Sikhem.

Tetapi akhirnya ia tewas terbunuh ketika ia berperang dengan orang Israel yang menolaknya sebagai raja (Hakim-hakim 8).

 

6. Abigail 

Abigail adalah bekas istri Nabal dan kemudian menjadi istri Daud. Abigail bukan hanya cantik tetapi juga berani. (Baca: 10 Wanita Paling Cantik Di Alkitab)

Nabal adalah seorang yang kaya namun pelit. Ketika ia sedang menggunting bulu domba-dombanya (artinya ia sedang panen), Daud mengirim sepuluh anak buahnya untuk meminta bantuan kepada Nabal.

Sebab Daud saat itu sedang dalam pelarian dari kejaran Saul yang ingin membunuhnya, walau saat itu Daud sudah diurapi menjadi raja.

Namun jawaban Nabal sangat kasar. Hal ini membuat Daud menjadi marah sehingga ia dan anak-anak buahnya berencana membunuh Nabal.

Untunglah ia punya istri yang bijak, Abigail.

Abigail segera mendatangi Daud, sujud kepadanya,  dan meminta maaf atas kelakuan suaminya. Ia juga memberi apa yang Daud minta.

Hal ini membuat Daud membatalkan niatnya membunuh Nabal.

Namun ketika mendengar rencana Daud yang ingin membunuhnya, Nabal pun meninggal seketika. Lalu Daud mengambil Abigail menjadi istrinya. (1 Samuel 25).

Abigail adalah seorang wanita yang bijak, dan juga pemberani.

Ia tidak takut menghadapi raja Daud yang sedang marah, sekalipun ia hanya perempuan biasa.

 

7. Ester 

Ester merupakan seorang wanita Yahudi yang berada di pembuangan di Persia (saat itu Babel sudah dikuasai oleh Persia).

Ester adalah seorang yang cantik parasnya. Namun ia seorang anak yatim piatu. Karena itu, ia diasuh oleh Mordekhai, saudara sepupunya.

Setelah ratu Persia, Wasti, dibuang, maka diadakanlah sebuah kontes untuk mencari penggantinya.

Setelah melalui seleksi yang ketat, dan dengan campur tangan Tuhan, Ester akhirnya terpilih sebagai ratu baru di Persia.

Ester adalah seorang pemberani.

Sebab saat itu Haman, seorang pejabat Persia, merencanakan pemusnahan bangsa Yahudi di seluruh kerajaan Persia.

Tetapi dengan kedudukannya sebagai ratu, Ester memberanikan diri menghadap raja, sekalipun ia tidak dipanggil menghadap raja, suatu tindakan yang bisa dijatuhi hukuman mati pada masa itu. (Baca: 10 Tokoh Alkitab Yang Rela Berkorban Bagi Orang Lain)

 

Itulah 7 perempuan pemberani di Alkitab yang patut kita teladani.  

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

2 komentar untuk “7 Perempuan Pemberani Di Alkitab”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!