Loading...
Loading...

7 Perguruan Tinggi Kristen Negeri Di Indonesia

 

Perguruan Tinggi Kristen Negeri di Indonesia adalah perguruan tinggi negeri yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen (Protestan), Kementerian Agama Republik Indonesia.

Perguruan tinggi Kristen negeri di Indonesia memakai dua macam nama, yakni Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri, disingkat STAKPN, dan Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri, disingkat STAKN.

Baca juga: 20 Universitas Kristen Terbaik Di Indonesia

Kendati memakai nama yang berbeda, namun mereka tetap sama, yakni lembaga pendidikan Agama Kristen Protestan di bawah naungan pemerintah, melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Lulusan Perguruan Tinggi Kristen Negeri inilah yang pada umumnya diangkat oleh pemerintah menjadi Guru Agama Kristen Protestan dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada sekolah-sekolah di berbagai tempat di Indonesia.

Hingga saat ini sudah ada 8 perguruan tinggi Kristen negeri di Indonesia, yang tersebar di berbagai pulau dan kota, terutama di daerah-daerah yang dikenal sebagai kantong-kantong kekristenan.

Baca juga: 20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia

Namun satu di antaranya, yakni Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Denpasar, Bali, sangat sukar untuk ditemukan informasinya di internet, bahkan sekedar alamat atau tahun berdirinya.

Karena itu yang dibahas dalam artikel ini hanya 7 perguruan tinggi Kristen negeri di Indonesia yang memang sudah cukup dikenal dan mempunyai data yang banyak di internet.

Perguruan tinggi Kristen apa sajakah yang termasuk ke dalam 7 perguruan tinggi Kristen negeri di Indonesia saat ini? Berikut pembahasannya.

 

1. STAKPN Tarutung

Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, didirikan pada tahun 1968 sebagai Sekolah Guru Agama Swasta Atas Kristen/Protestan atau PGAA.

Kemudian pada tahun 1991 berubah menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan – Pendidikan Agama Kristen, dan sebagai Akademi Pendidikan Guru Agama Kristen Protestan Negeri atau APGAKPN pada tahun 1993.

Pada tahun 1999 berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN). STAKPN Tarutung adalah sekolah tinggi agama Kristen Protestan pertama di Indonesia.

Selain di Tarutung, kampusnya juga berada di Kecamatan Sipoholon (Kampus 2), Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

STAKPN Tarutung terdiri dari empat jurusan: Teologi, Pendidikan Agama Kristen (PAK), Musik Gerejawi, dan Pastoral Konseling, di samping Akta IV untuk program mengajar.

Jurusan Teologi meliputi program: S-1 Teologi dan Diploma I (Terapan) Ministri Penatua.

Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK) meliputi program: S-1 Pendidikan Agama Kristen, S-2 Pendidikan Agama Kristen, S-3 Pendidikan Agama Kristen, dan Diploma I (Terapan) Pelayanan Anak Kristen.

Jurusan Musik Gerejawi meliputi program: S-1 Musik Gereja dan Diploma I (Terapan) Ministri Musik Gereja.

Jurusan Pastoral Konseling meliputi program: S-1 Pastoral Konseling, Diploma I (Terapan) Pemandu Wisata Rohani, Diploma I (Terapan) Kewirausahaan Kristen, dan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Rektor STAKPN Tarutung saat ini adalah Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd.

Untuk info lebih lanjut tentang institusi ini, silakan kunjungi websitenya di www.stakpntarutung.ac.id

 

2. STAKN Palangka Raya

STAKN Palangka Raya, Kalimantan Tengah, berdiri pada tahun 1985 sebagai Akademi Teologi jurusan Pendidikan Agama Kristen di Palangka Raya.

Pada tahun 1986 menjadi Institut Agama Kristen “Eka Sinta” GKE Palangka Raya. GKE (Gereja Kalimantan Evangelis) merupakan sinode gereja yang berpusat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kemudian pada tahun 1995 sebagai Fakultas Teologi Jurusan Teologi dari Universitas Kristen Palangka Raya.

Lalu pada tahun 2002 menjadi Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palangka Raya.

Program Studi yang ada di STAKN Palangka Raya saat ini adalah: S-1 Teologi (Kependetaan) dan S-1 Pendidikan Agama Kristen (PAK).

Rektor STAKN Palangka Raya saat ini adalah Dr. Netto W.S. Rahan, M.Si, M.Th, yang meraih gelar Doktor Teologinya dari STT Rahmat Emmanuel Jakarta, satu dari 20 Sekolah Alkitab Terbaik Di Indonesia saat ini.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!