7 Tokoh Alkitab Yang Doanya Tidak Dikabulkan

 

5. Doa Yeremia

Tokoh Alkitab yang doanya tidak dikabulkan kelima adalah Yeremia.

Yeremia adalah salah satu nabi terkenal di Yehuda (Israel Selatan).

Dia melayani Tuhan dengan setia hingga orang Yehuda dibuang ke Babel selama 70 tahun karena dosa-dosa mereka.

Dan dalam pelayanannya, Yeremia tidak berhasil membawa orang Yehuda berbalik kepada Tuhan.

Tetapi hal ini bukanlah karena salahnya atau kelemahannya, tetapi karena kekerasan hati orang Yehuda.

Yeremia juga sering berdoa kepada Allah agar kiranya Ia mengampuni dosa bangsaNya.

Namun Allah telah menolak mereka sebab mereka telah memberontak dan banyak melakukan dosa di hadapanNya.

Tuhan telah merancangkan bahwa mereka akan dihukum dan dibuang selama 70 tahun ke Babel. Yeremia selalu berdoa agar Allah membatalkan hukumanNya tersebut.

Tetapi keputusan Allah sudah bulat.

Bahkan Allah berkata kepada Yeremia bahwa jika Musa dan Samuel pun (dua nabi besar dan pendoa syafaat), berdiri di hadapanNya (bersyafaat) Ia tidak akan mendengarkannya.

“Janganlah Engkau menampik kami, oleh karena nama-Mu, dan janganlah Engkau menghinakan takhta kemuliaan-Mu!…. TUHAN berfirman kepadaku: Sekalipun Musa dan Samuel berdiri di hadapan-Ku, hati-Ku tidak akan berbalik kepada bangsa ini. Usirlah mereka dari hadapan-Ku, biarlah mereka pergi!” (Yeremia 14:21; 15:1).

Jadi Allah di sini menolak doa Yeremia, tetapi bukan karena dosa atau kesalahannya, tetapi karena dosa orang-orang yang ia doakan.

Sekalipun hidup kita benar di hadapan Allah, namun seringkali doa kita tidak dikabulkan Allah atas orang-orang yang kita doakan jika orang tersebut berkeras hatinya, terlebih lagi mereka adalah orang percaya seperti halnya orang Yehuda.

 

6. Doa Tuhan Yesus

Tokoh Alkitab yang doanya tidak dikabulkan keenam adalah Tuhan Yesus.

Hal ini tampak ketika Tuhan Yesus berdoa di taman Getsemani.

Di situ Ia berdoa kepada BapaNya sampai tiga kali, Ia menginginkan agar cawan penderitaan dan kematianNya boleh berlalu dariNya.

Dalam keadaanNya sebagai manusia, Ia bergumul antara keinginanNya secara pribadi dengan keinginan BapaNya, seperti yang dialami oleh kita, manusia, pada umumnya.

Di satu sisi Tuhan Yesus ingin agar cawan penderitaan itu dilalukan dariNya, tetapi di sisi yang lain, Ia juga ingin tunduk dan taat pada kehendak BapaNya.

“Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” (Matius 26:39).

Namun Ia lebih memilih tunduk dan taat kepada BapaNya. Ia berserah pada kehendak BapaNya. Pada akhirnya Dia mau agar kehendak BapaNya sajalah yang terjadi dalam hidupNya.

Jadi di sini doa Tuhan Yesus tidak dikabulkan Bapa, yaitu agar cawan penderitaan dan kematian dilalukan dariNya.

Dan Tuhan Yesus tahu akan hal itu serta dapat menerimanya, sebab memang dari awal doaNya Ia berserah saja pada kehendak BapaNya apapun yang terjadi.

Lagipula Yesus sadar betul bahwa tujuanNya datang dari sorga ke bumi adalah untuk menderita dan mati bagi dosa-dosa manusia (Markus 10:45).

Doa Tuhan Yesus di taman Getsemani bukanlah doa yang mudah kita pahami.

Namun dari segi doa dapatlah kita katakan bahwa doa Tuhan Yesus tidak dikabulkan BapaNya karena itulah kehendak Allah (juga kehendak Yesus sendiri) agar umat manusia diselamatkan dari dosa mereka.

Ketika doa kita tidak Allah kabulkan, kita harus dapat menerimanya, seperti Tuhan Yesus yang menerima “cawan” kematianNya, agar manusia bisa terbebas dari dosa.

 

7. Doa Paulus

Tokoh Alkitab yang doanya tidak dikabulkan yang terakhir adalah Paulus.

Walaupun Paulus adalah seorang rasul besar, namun dia juga pernah mengalami doanya tidak dikabulkan oleh Tuhan.

Suatu ketika ia pernah dibawa Tuhan ke Sorga tingkat tiga, yaitu ke Firdaus (tempat kediaman Allah dan orang-orang percaya yang telah meninggal).

Dan ia melihat kemuliaan yang tak terkatakan di sana. Ini menunjukkan bagaimana Paulus diizinkan Tuhan untuk melihat kemuliaan yang akan datang.

Karena penglihatan itu Tuhan menaruh suatu duri di dalam daging Paulus, yaitu seorang utusan iblis untuk menggocohnya, agar ia tidak menjadi sombong akan penyataan yang telah diterimanya.

Paulus berkata bahwa ia sudah tiga kali meminta kepada Allah agar utusan iblis tersebut undur darinya.

Namun Tuhan tidak mengabulkan doa dan permohonan Paulus.

“Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku. Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” (2 Korintus 12:8-9a).

Jika Tuhan mengabulkan doa Paulus maka ia akan menjadi sombong atas penglihatan yang luar biasa yang telah diterimanya, dan ia bisa jatuh dalam pelayanannya.

Jadi Tuhan memilih untuk tidak mengabulkan doanya.

Bukan karena dosanya doa Paulus tidak dikabulkan oleh Tuhan, tetapi untuk mencegahnya jatuh dalam kesombongan rohani.

Karena Tuhan yang lebih tahu dari Paulus sendiri bahwa ia bisa jatuh dalam kesombongan dan dosa jika doanya dikabulkan.

Kadangkala doa kita tidak dikabulkan Tuhan bukan karena Tuhan tidak mengasihi kita, tetapi karena Tuhan mencegah kita terhadap hal-hal yang akan merusak hidup kita atau yang membuat kita jatuh dalam dosa.

 

Itulah 7 tokoh Alkitab yang doanya tidak dikabulkan.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

4 komentar untuk “7 Tokoh Alkitab Yang Doanya Tidak Dikabulkan”

  1. Saya diberkati melalui tulisan atau bacaan dan komentar yang ada dalam Rubrik Kristen ini.

    Terima kasih.

    Apakah boleh saya mendapat nama-nama 7 tokoh Alkitab yang doanya tidak dikabulkan?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!