7 Tokoh Pendoa Di Alkitab

 

5. Tuhan Yesus

Pendoa lainnya di Alkitab adalah Tuhan Yesus sendiri.

Ketika datang ke dunia sebagai manusia, Tuhan Yesus juga adalah seorang pendoa.

“Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.” (Lukas 5:16).

Tuhan Yesus biasanya pergi ke tempat-tempat yang sunyi untuk berdoa dengan maksud agar Ia tetap mempunyai waktu yang khusus dengan BapaNya.

Di tengah-tengah kesibukanNya untuk melayani orang banyak setiap hari, tentulah Ia butuh waktu yang khusus dan tempat yang tenang untuk beristirahat.

Tempat yang tenang itu biasanya adalah di tempat yang sunyi.

Dari konteks kalimat kutipan ayat firman di atas, kita bisa melihat bahwa Tuhan Yesus tidak hanya satu kali saja pergi ke tempat yang sunyi untuk berdoa, Ia melakukannya berulang-ulang, yang kemudian menjadi kebiasaanNya.

Jadi adalah biasa bahwa Tuhan Yesus pergi mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi untuk berdoa. (Baca: 7 Ciri Doa Tuhan Yesus Yang Patut Diteladani)

Hal ini juga dikuatkan oleh ayat-ayat lainnya di Alkitab.

Ia pernah berdoa pada pagi-pagi sekali, sebelum melakukan aktivitasNya (Markus 1:35); dan pada malam hari, setelah melakukan aktivitasNya (Matius 14:23).

Ia juga beberapa kali didapati murid-muridNya sedang berdoa (Lukas 9:18; 11:1).

 

6. Kornelius

Kornelius adalah seorang perwira pasukan Romawi.

Dia jelas bukan orang Yahudi. Namun ia adalah seorang yang “takut akan Allah”, yakni seorang penganut agama Yahudi.

Setelah ia menganut agama Yahudi, Alkitab berkata bahwa ia adalah seorang yang saleh, yang banyak beramal bagi umat Yahudi.

Dan ia juga seorang yang “senantiasa” berdoa kepada Allah.

“Di Kaisarea ada seorang yang bernama Kornelius, seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia. Ia saleh, ia serta seisi rumahnya takut akan Allah dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah.” (Kisah Para Rasul 10:1-2).

Kornelius adalah seorang  pendoa.

Pada waktu berdoalah Kornelius mendapat panggilan Allah untuk menjadi seorang Kristen.

Ketika ia sedang berdoa, ia dikunjungi oleh seorang malaikat, yang menjelaskan bahwa ia harus menjemput seorang yang bernama Simon (Simon Petrus) untuk menyatakan keselamatan kepadanya dan seisi rumahnya.

Akhirnya Petrus datang ke rumah Kornelius dan menceritakan tentang keselamatan di dalam nama Tuhan Yesus, sehingga ia dan seisi rumahnya menjadi percaya, menjadi orang Kristen.

Sekalipun Kornelius adalah seorang perwira yang punya jabatan (seorang perwira membawahi 100 orang prajurit) dan banyak kesibukan, namun ia tidak pernah lupa dalam berdoa kepada Allah.

Kita rasanya bisa meyakini (walaupun tidak dicatat di Alkitab) bahwa Kornelius tetap tekun berdoa setelah ia menjadi seorang Kristen, seperti yang dilakukannya sewaktu ia masih menganut agama Yahudi.

 

7. Paulus

Paulus adalah tokoh besar Perjanjian Baru.

Sekitar separoh kitab-kitab Perjanjian Baru adalah tulisan Paulus.

Ia adalah seorang rasul Tuhan Yesus yang memberitakan Injil ke banyak bangsa serta banyak mendirikan gereja di berbagai kota.

Dalam surat-suratnya ke gereja-gereja Tuhan, yang sebagian besar didirikannya sendiri, Paulus berkata bahwa ia selalu mengingat mereka dalam doanya.

Kadang-kadang ia menuliskan doa-doanya tersebut secara panjang lebar (misalnya Efesus 1:15-19; 3:14-19).

Hal ini semua menunjukkan bahwa Paulus adalah seorang pendoa.

Dalam suratnya kepada jemaat di kota Tesalonika, Paulus berkata bahwa ia bersama Silwanus dan Timotius yang menyertainya (2 Tesalonika 1:1), “senantiasa” berdoa bagi mereka.

“Karena itu kami senantiasa berdoa juga untuk kamu, supaya Allah kita menganggap kamu layak bagi panggilan-Nya dan dengan kekuatan-Nya menyempurnakan kehendakmu untuk berbuat baik dan menyempurnakan segala pekerjaan imanmu.” (2 Tesalonika 1:11).

Jadi Rasul Paulus senantiasa dan terus-menerus berdoa bagi gereja di kota Tesalonika yang didirikannya tersebut.

Jelas, Paulus adalah seorang pendoa teladan.

 

Itulah 7 tokoh pendoa di Alkitab.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

3 komentar untuk “7 Tokoh Pendoa Di Alkitab”

  1. P. Mipur Subiyakto

    Saya Kristen Katolik nama P. Mipur Subiyakto 59 th. Saat ini dalam keadaan sakit struck, kaki dan tangan kiri lemah sudah 1 tahun kena gula dan darah tinggi, mohon bisa minta doa agar penyakitku bisa sembuh. Gbu

    1. Shalom Pak Mipur, kami doakan agar bapak bisa mengalami kesembuhan dari Tuhan Yesus, dan tetap kuat menanggung apa pun yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup bapak. Tetaplah percaya dan berharap hanya kepadaNya. Amin, terima kasih, GBU.

    2. Shalom…Pak Mipur,
      Ikut prihatin atas kondisi kesehatan bapak…
      Bilur-bilur Yesus menyembuhkan sakit penyakit bapak….Amiiin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!