Loading...
Loading...

8 Wakil Menteri Jokowi Beragama Kristen

 

5. Budi Arie Setiadi (Wamendes PDTT/Relawan Jokowi)

Wakil Menteri Jokowi beragama Kristen kelima adalah Budi Arie Setiadi.

Budi Arie Setiadi lahir di Jakarta, pada 20 April 1969.

Budi Arie Setiadi dipilih oleh presiden Jokowi untuk menduduki posisi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia.

Sebelum ditunjuk presiden Jokowi sebagai Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Budi Arie Setiadi adalah seorang aktivis sosial dan pengusaha.

Namun ia lebih dikenal sebagai pendiri dan Ketua Umum Projo, organisasi relawan terbesar pendukung Joko Widodo.

Projo berperan besar memperjuangkan pencapresan Jokowi sebelum secara resmi  dideklarasikan oleh PDIP pada pilpres 2014 silam.

Budi Arie Setiadi adalah lulusan S1 Jurusan Ilmu Komunikasi di FISIP Universitas Indonesia (UI), Jakarta, dan S2 Managemen Pembangunan Sosial di kampus yang sama.

Budi Arie Setiadi sejak mahasiswa sudah aktif berorganisasi dan juga sebagai aktivis.

Ia pernah sebagai Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM ) FISIP UI dan Presidium Senat Mahasiswa UI.

Ia juga pernah menjadi jurnalis, mulai dari Majalah Suara Mahasiswa UI, mingguan Media Indonesia hingga Kontan.

Semasa gerakan reformasi mahasiswa UI pada tahun 1998, bersama aktivis mahasiswa dan alumni UI Budi Arie juga membidani lahirnya Keluarga Besar (KB) UI.

Budi Arie Setiadi pernah menjadi Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta dan juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Selain menjadi Ketua Umum PROJO, saat ini Budi Arie juga menjadi Dewan Penasihat ILUNI UI.

 

6. Surya Tjandra (Wamen ATR&Kepala BPN/Politisi PSI)

Wakil Menteri Jokowi beragama Kristen keenam adalah Surya Tjandra.

Surya Tjandra lahir di Jakarta, pada 28 Maret 1971.

Surya Tjandra dipilih oleh presiden Jokowi untuk menduduki posisi Wakil Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Republik Indonesia.

Sebelum ditunjuk presiden Jokowi sebagai Wakil Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Surya Tjandra adalah seorang dosen di Universitas Katolik Atmajaya  Jakarta.

Surya Tjandra juga merupakan politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pada Pemilu 2019, Surya Tjandra juga menjadi calon anggota legislatif (caleg) PSI dari Daerah Pemilihan Malang Raya. (Baca: 157 Caleg Kristen Dari PSI Di Pemilu 2019)

Namun sayang, PSI gagal lolos Ambang Batas Parlemen (Parliementary Treshold) 4 %.

Padahal Surya Tjandra terpilih menjadi salah seorang caleg pilihan majalah TEMPO karena dinilai punya rekam jejak dalam memperjuangkan isu-isu penting bagi publik, seperti pemberdayaan perempuan, kepedulian terhadap lingkungan, perburuhan, dan toleransi.

Surya pernah lama aktif di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta dan mempunyai sensitivitas yang tinggi dengan isu kemiskinan dan ketidakadilan.

Surya Tjandra pernah ikut seleksi pimpinan KPK, dan berhasil lolos hingga 10 besar, tetapi kandas ketika pemilihan di DPR (komisi 3) karena tidak punya basis dukungan politik di parlemen.

Surya Tjandra menempuh pendidikan S1 Hukum di UI Jakarta, program S-2 di Universitas Warwick, Inggris, serta program S-3 di Universitas Leiden, Belanda.

Surya Tjandra adalah penyandang disabilitas, di mana ia mempunyai cacat di kaki kiri karena polio sejak kecil.

 

7. Jerry Sambuaga (Wamendag/Politisi Golkar)

Wakil Menteri Jokowi beragama Kristen ketujuh adalah Jerry Sambuaga.

Jerry Sambuaga lahir di Jakarta, pada 2 Juli 1985.

Jerry Sambuaga dipilih oleh presiden Jokowi untuk menduduki posisi Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia.

Sebelum ditunjuk presiden Jokowi sebagai Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga adalah seorang akademisi sekaligus wakil Sekjen Partai Golkar.

Jerry Sambuaga adalah anggota DPR RI Periode 2014-2019 Pergantian Antar Waktu (PAW) dari partai Golkar dapil Sulawesi Utara.

Pada Pemilihan Legislatif tahun 2019 lalu, ia mencalonkan diri kembali menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024, namun tidak lolos.

Jerry Sambuaga meraih gelar Bachelor of Arts in Politics, di University of San Francisco dan Master of International Affairs in Intenational Security Policy, di Columbia University, keduanya di Amerika Serikat.

Pada tahun 2016, Jerry meraih gelar Doktor Ilmu Politik dari Universitas Indonesia (UI) Jakarta dan menjadikannya sebagai Doktor Ilmu Politik termuda di kampus tersebut.

Jerry Sambuaga adalah Ketua Departemen Pemenangan Pemilu Sulawesi Utara dan Gorontalo Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (2018-Sekarang)

Ia juga merupakan Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), organisasi sayap partai Golkar.

Jerry Sambuaga pernah menjadi Staf Ahli Ketua DPD RI (Oktober 2009-Oktober 2016) dan Staf Ahli Ketua DPR RI (Mei 2008-Oktober 2009).
Ia juga menjadi dosen di sejumlah kampus ternama, seperti Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang; London School of Public Relations, Jakarta, dan Universitas Sam Ratulangi, Manado.
Jerry Sambuaga adalah putra Theo Sambuaga, politisi senior Golkar yang pernah menjabat sebagai menteri, serta satu dari  25 Politisi Indonesia Terpopuler Beragama Kristen

 

8. Angela Tanoesoedibjo (Wamenpar/Politisi Perindo)

Wakil Menteri Jokowi beragama Kristen kedelapan/terakhir adalah Angela Herliani Tanoesoedibjo.

Angela Herliani Tanoesoedibjo lahir di Ottawa, Kanada, 23 April 1987.

Angela Tanoesoedibjo dipilih oleh presiden Jokowi untuk menduduki posisi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Sebelum ditunjuk presiden Jokowi sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo adalah seorang profesional yang bekerja di perusahaan keluarga serta politisi partai Perindo.

Angela Tanoesoedibjo adalah komisaris Media Nusantara Citra (MNC) dan wakil direktur RCTI dan GTV.

Ia adalah anak sulung dari Hary Tanoesoedibjo, seorang pengusaha terkemuka Indonesia, pemilik MNC grup, serta pendiri dan ketua umum partai Perindo. (Baca: 10 Ketua Umum, Sekjen, Dan Bendum Parpol Beragama Kristen)

Angela Tanoesoedibjo merupakan lulusan Universitas Teknologi Sydney, Australia dan Universitas New South Wales, Australia.

Angela Tanoesoedibjo merupakan caleg Perindo dapil Jawa Timur 1 (Surabaya dan Sidoarjo) pada Pemilu 2019 lalu. (Baca: 137 Caleg Kristen Dari Perindo Di Pemilu 2019)

Namun, seperti halnya PSI, Perindo juga gagal lolos Ambang Batas Parlemen (Parliementary Treshold) 4 %.

 

Itulah 8 wakil menteri Jokowi beragama Kristen, baik Protestan maupun Katolik, untuk periode 2019-2024.

 

Kiranya para wakil menteri Jokowi beragama Kristen ini bisa bekerja dengan baik demi kemajuan bangsa Indonesia, serta tidak korupsi.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

Loading...
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!