Loading...
Loading...

9 Karunia Roh Kudus Dalam 1 Korintus 12

 

4. Karunia Menyembuhkan

Karunia supranatural lainnya yang disebutkan oleh rasul Paulus adalah karunia menyembuhkan (Bahasa Yunani: Charismata Iamaton).

Penyembuhan di sini adalah dalam bentuk jamak, dan bentuk jamak tersebut menunjuk pada adanya bermacam-macam karunia penyembuhan bagi bermacam-macam penyakit. (Baca juga: 7 Orang Non-Israel Yang Pernah Dilayani Yesus)

Karunia penyembuhan ini disinggung juga di dalam 1 Korintus 12:28, 30. Diberikan untuk melakukan mujizat memulihkan kesehatan (Kisah Para Rasul 3:6; 5:15-16; 8:7; 19:12, dan seterusnya).

Penyembuhan juga disinggung di dalam Markus 16:18, di mana diberikan kepada semua orang percaya. Namun rasul Paulus berkata bahwa tidak semua orang percaya mempuyai karunia kesembuhan (1 Korintus 12:30).

Hal ini tampaknya berarti bahwa kemampuan untuk menyembuhkan orang melalui doa diberikan kepada semua orang percaya, tetapi kemampuan yang lebih besar diberikan hanya kepada sedikit orang percaya saja (mereka yang diberi karunia menyembuhkan).

Namun karunia kesembuhan tidak mengakhiri penyakit, penderitaan dan kematian di dunia ini, dan juga tidak menjadi sarana yang melepaskan setiap orang percaya dari berbagai penderitaan di dunia (bandingkan dengan Roma 8:22-23 dan 2 Timotius 4:20).

 

5. Karunia Mengadakan Mujizat

Karunia supranatural berikutnya yang disebutkan rasul Paulus adalah karunia mengadakan mujizat (Bahasa Yunani: Energemata Dunameon). Secara harfiah artinya adalah, “melakukan kuasa”.

Karunia ini memberi kesanggupan untuk mempertunjukkan berbagai mujizat lain di luar kesembuhan (Matius 11:20-23; Kisah Para Rasul 9:36-41; 13:11; 20:9-12; Galatia 3:5; Ibrani 6:5). Karunia ini disebut juga dalam 1 Korintus 12:28 dan seterusnya.

Karunia mengadakan mujizat merupakan perbuatan-perbuatan kuasa adikodrati yang dapat mengubah tatanan hukum alam yang normal, seperti halnya mujizat-mujizat yang Tuhan Yesus lakukan: mengubah air menjadi anggur, berjalan di atas air, menenangkan badai, menggandakan lima roti dan dua ikan, dan sebagainya.

Mujizat meliputi tindakan-tindakan ilahi di mana Kerajaan Allah dinyatakan melawan iblis dan roh-roh jahat. (Baca juga: 10 Mujizat Yesus Terpopuler Sepanjang Masa)

 

6. Karunia Bernubuat

Karunia supranatural lainnya yang disebutkan rasul Paulus adalah karunia bernubuat (Bahasa Yunani: Propheteia).

Karunia ini terdaftar juga di dalam Roma 12:6 dan 1 Korintus 12:28-29. (Baca: 10 Fakta Tentang Nubuat Menurut Alkitab)

Pesannya bersifat membangun, menasihati (Bahasa Yunani: Paraklesis), dan menghibur (Roma 12:8; 1 Korintus 14:3), mencakup pesan sementara tentang kehendak Allah dalam hal-hal khusus (Kisah Para Rasul 13:1-2), dan ramalan mengenai hal-hal yang akan datang (Kisah Para Rasul 11:28; 21:10 dan ayat berikutnya).

Nubuat merupakan suatu karunia istimewa yang memungkinkan orang percaya untuk meneruskan perkataan atau penyingkapan secara langsung dari Allah di bawah dorongan Roh Kudus (1 Korintus 14:14-25, 28-31). Nubuat jelas bukanlah sebuah khotbah yang telah disiapkan sebelumnya.

Tetapi nubuat bisa saja salah, sebab akan banyak nabi palsu yang memasuki gereja (1 Yohanes 4:1). Karena itu semua nubuat harus diuji dahulu kemurnian dan kebenarannya (1 Korintus 14:29, 32; 1 Tesalonika 5:20-21).

Bernubuat terutama dilakukan oleh para nabi di Perjanjian Baru. Tetapi jemaat biasa pun dapat bernubuat sekalipun mereka bukan nabi. Contohnya adalah putri-putri Filipus yang berkarunia nubuat (Kisah Para Rasul 21:9), tetapi bukan para nabi atau nabiah (nabi perempuan).

Loading...
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!