Ganjar-Erick, capres-cawapres terfavorit 2024

Hasil survei terbaru dari Charta Politika yang dirilis hari ini menunjukkan bahwa pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir menjadi yang terkuat di pilpres 2024 nanti.

Pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir, yang saat ini masing-masing menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dan Menteri BUMN, mendapat elektabilitas sebesar 35,8%, unggul atas lawan-lawannya.

Pasangan Ganjar Pranowo lainnya yang hampir sama kuatnya dengan Erick Thohir adalah Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

Sementara untuk capres, Ganjar Pranowo unggul atas lawan-lawannya, dengan elektabilitas 31,1 %, disusul Prabowo Subianto, 24,4 %, dan Anies Baswedan, 20,6 %.

Hasil survei Charta Politika ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Sebab sebelumnya, dalam survei yang dirilis pada bulan Juni 2022, Charta Politika juga menempatkan pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir di urutan teratas.

Bukan hanya itu, lembaga-lembagai survei lain yang kredibel juga mendapat hasil yang sama, pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir berada di urutan teratas.

Misalnya, hasil survei Poltracking di bulan Juni dan bulan Agustus 2022, dan hasil survei SMRC di bulan Agustus 2022.

Survei-survei ini adalah gambaran dari harapan publik yang menginginkan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir untuk menjadi presiden dan wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Tingginya hasil survei Ganjar Pranowo-Erick Thohir tentu bukan suatu kebetulan. Tetapi karena figur mereka yang dianggap ideal untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan.

Ganjar dan Erick sama-sama dianggap sebagai sosok yang muda (untuk ukuran presiden/wapres), bersih, pekerja keras, dan
berprestasi.

Selain itu, mereka juga dianggap sebagai orang-orang dekat Presiden Jokowi sehingga memberi nilai tambah, karena figur Jokowi secara umum dianggap sebagai presiden yang berhasil.

Dalam survei-survei yang mengunggulkan Ganjar dan Erick, tidak terlihat bahwa parpol pengusung adalah faktor penentu.

Artinya, parpol mana pun yang mengusung pasangan Ganjar dan Erick di pilpres 2024, mereka tetap menang, berdasarkan survei-survei di atas.

Jadi sekalipun PDIP tidak mengusung pasangan Ganjar dan Erick, karena mengusung Puan dan pasangannya misalnya, maka itu pun tidak menjadi masalah, Ganjar dan Erick akan tetap menang.

Jika PDIP tidak mengusung Ganjar dan Erick di pilpres 2024, maka parpol yang paling mungkin mengusung pasangan ini adalah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang terdiri dari tiga parpol: Golkar, PAN, dan PPP.

Jika hal itu terjadi maka jalan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir memenangi pilpres 2024 semakin mudah, tentu juga jalan mereka menjadi presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029.

 

Haris JO adalah seorang penulis yang tulisan-tulisannya telah banyak dimuat di berbagai media, baik media cetak maupun media online, baik media Kristen maupun media sekuler.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!