Guru intoleran SMAN 52 Jakarta sudah seharusnya dipecat!

Baru-baru ini, seorang guru berinisial E yang mengajar di SMAN 52 Jakarta Utara diberhentikan dari jabatannya sebagai wakil kepala sekolah.

Alasannya adalah karena guru tersebut bertindak intoleran terhadap salah satu siswanya yang beragama non Muslim.

Hal ini berkaitan dengan pemilihan ketua OSIS SMAN 52 Jakarta Utara. Sang wakil kepala sekolah diduga menjegal siswa non Muslim yang maju sebagai calon ketua OSIS di sekolah tersebut.

Kasus ini pertama kali diketahui dari anggota DPRD DKI Jakarta, F-PDIP, Ima Mahdiah, yang mengaku mendapat laporan dugaan aksi intoleransi saat pemilihan ketua OSIS di SMAN 52 Jakarta Utara.

Bahkan Ima Mahdiah punya rekaman percakapan guru E yang mengatakan agar calon Ketua OSIS non Muslim jangan sampai lolos karena menurutnya tidak bisa dikontrol nanti pas pemilihannya.

Ima Mahdiah sendiri telah menemui oknum guru intoleran tersebut serta menanyakan alasannya menjegal calon Ketua OSIS nonMuslim.

Jawaban oknum guru tersebut adalah bahwa hal itu dilakukan karena mereka takut jika ketua OSIS yang terpilih bukan siswa muslim, akan condong membuat program OSIS yang tidak pro Islam.

Mendengar hal ini, Ima kemudian mendesak agar oknum guru tersebut dipecat.

Suku Dinas Pendidikan Jakarta Utara pun memberikan sanksi terhadap guru E berupa pemberhentian sementara dari jabatan Wakil Kepala Sekolah SMAN 52 Jakarta, tetapi masih tetap mengajar sebagai guru di sekolah tersebut.

Pemberhentian guru tersebut sebagai wakil kepala sekolah sudah tepat. Tetapi seharusnya sudah diberhentikan secara tetap sebagai seorang guru.

Semoga Penjabat gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, bisa menyelesaikan kasus ini dengan baik.

Sebab seorang pendidik sudah seharusnya memberi keteladanan dalam hal toleransi dan kesetaraan kepada muridnya, bukan malah menjadi pelaku intoleransi itu sendiri.

Sangat berbahaya jika pendidikan di negara yang majemuk seperti Indonesia diserahkan kepada guru-guru intoleran seperti ini.

 

Haris JO adalah seorang penulis yang tulisan-tulisannya telah banyak dimuat di berbagai media, baik media cetak maupun media online, baik media Kristen maupun media sekuler.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!