Makna Hari Sumpah Pemuda bagi pemuda Indonesia masa kini

Makna Hari Sumpah Pemuda bagi pemuda/mahasiswa dan remaja/pelajar Indonesia saat ini sangat relevan untuk dibicarakan.

Jadi makna Hari Sumpah Pemuda perlu direfleksikan mengingat keadaan para pemuda Indonesia saat ini yang terkesan gampang terpecah dan mudah terprovokasi.

Dengan mengaktualisasikan makna Hari Sumpah Pemuda, diharapkan para pemuda, yakni mahasiswa dan pelajar, bisa semakin bersikap dan bertindak lebih bijak.

Jika melihat status dan unggahan para mahasiswa dan pelajar di media sosial (medsos), atau komentar di media online, sering kali mereka saling menyerang satu sama lain.

Pertikaian para pemuda dan pelajar Indonesia di dunia maya ini biasanya karena perbedaan pandangan politik atau SARA.

Terutama pada momen pemilu dan pilpres yang, seperti tahun 2014 dan 2019, yang menimbulkan polarisasi di tengah masyarakat, terutama di kalangan pemuda.

Untuk itu para pemuda dan pelajar Indonesia harus bersatu, tak boleh terpecah-pecah atau terpolarisasi.

Sebaliknya, para pemuda dan pelajar Indonesia harus bergandengan tangan dan bergotong royong dalam bekerja demi kemajuan bangsa dan negara.

Alih-alih sibuk saling bully di medsos, para pemuda Indonesia harus berlomba-lomba dalam berprestasi sehingga mengharumkan nama bangsa serta menaikkan harga diri bangsa di dunia internasional.

Tak bisa dipungkiri bahwa pemuda adalah ujung tombak pembangunan dan penentu dalam kemajuan suatu bangsa.

Maju-tidaknya sebuah bangsa di dunia sangat ditentukan oleh para pemudanya sebagai generasi penerus.

Apalagi di zaman digital ini, di mana peran pemuda lebih besar, dikarenakan mereka umumnya lebih melek digital ketimbang para generasi yang lebih tua.

Maka dalam momen Hari Sumpah Pemuda ini, mari kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia bersatu dan bertekad melakukan yang terbaik demi kejayaan bangsa dan negara kita tercinta, Indonesia.

Ingatlah para pejuang kita. Sebelum berhasil mengusir penjajah dan memproklamirkan memerdekakan Indonesia, mereka terlebih dahulu bersatu.

Hal itu diawali dari sebuah tekad lewat momen Kongres Pemuda, tanggal 26-28 Oktober 1928, di mana tercetus Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda merupakan ikrar yang dinyatakan oleh sejumlah putra-putri Indonesia yang berkomitmen pada persatuan dan kesatuan bangsa.

Mereka terdiri dari beragam latar belakang: suku, agama, golongan, dan jenis kelamin, menyatakan kesatuan mereka dalam hal bangsa, Tanah Air, dan bahasa yang satu, yakni Indonesia.

Itulah yang selalu kita peringati pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya.

Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022!

 

Haris JO adalah seorang penulis yang tulisan-tulisannya telah banyak dimuat di berbagai media, baik media cetak maupun media online, baik media Kristen maupun media sekuler.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!