Rishi Sunak, PM Inggris pengangkat pamor Asia di dunia internasional

Menteri keuangan Inggris, Rishi Sunak, terpilih menjadi Perdana Menteri baru Inggris, menggantikan Liz Truss, yang mengundurkan diri.

Hal ini menarik perhatian dunia, sebab Rishi Sunak adalah seorang keturunan India, di mana keluarganya bermigrasi ke Inggris pada tahun 1960-an.

Rishi Sunak akan menjadi Perdana Menteri Inggris pertama dari keturunan India, bahkan Asia.

Dengan terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak juga memecahkan sejumlah rekor.

Dengan usia 42 tahun, Rishi Sunak juga menjadi PM Inggris termuda sejak 1812.

Pada usia 39 tahun, Rishi Sunak sudah menjadi Menteri Keuangan di bawah PM Boris Johnson ketika pandemi COVID-19 melanda Inggris.

Rishi Sunak merupakan lulusan Universitas Oxford, Inggris dan Universitas Stanford, Amerika Serikat, dua universitas ternama di dunia.

Terpilihnya Rishi Sunak sebagai PM Inggris yang baru tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Sunak dan keluarganya.

Namun bukan hanya bagi orang India pada umumnya, tetapi juga bagi orang Asia.

Hal ini dapat dibandingkan dengan Barack Obama, keturunan Afrika pertama yang menjadi presiden Amerika Serikat.

Itu membuat orang Afrika sangat bangga. Apalagi orang Afrika kulit hitam di AS sering direndahkan dan didiskriminasi sebagai mantan budak-budak orang AS kulit hitam.

Tetapi dengan terpilihnya Barack Obama sebagai presiden dari negara adidaya tersebut, dunia pun menjadi sadar bahwa keturunan orang kulit hitam pun mampu berbicara banyak di panggung politik dunia.

Demikianlah dengan Rishi Sunak yang terpilih menjadi PM salah satu negara hebat di dunia.

Dua contoh pemimpin dunia dari “Dunia Ketiga” ini, keturunan Afrika dan keturunan Asia, membuktikan bahwa saat ini tidak ada lagi perbedaan yang berarti antara negara-negara Barat (Eropa Barat dan Amerika Utara) dengan Dunia Ketiga (Asia dan Afrika).

Orang-orang dari Dunia Ketiga tidak lagi hanya mampu berkiprah di Dunia Barat dalam bidang ekonomi, bisnis, teknologi, musik, dan olah raga; tetapi juga di bidang politik.

Tugas Rishi Sunak tentu tidak mudah, sebab Inggris sedang mengalami penurunan ekonomi yang parah, yang menyebabkan meningkatnya jumlah pengangguran dan orang miskin.

PM Inggris sebelum Rishi Sunak, Liz Truss, bahkan mengundurkan diri setelah hanya memerintah selama kurang dari 2 bulan.

Tetapi kita berharap agar Rishi Sunak dapat menjalankan tugasnya sebagai PM Inggris dengan baik, tidak mengundurkan diri dalam waktu dekat ini.

Dengan demikian Rishi Sunak dapat mengangkat pamor India dan pamor negara-negara Asia umumnya, di dunia internasional.

 

Haris JO adalah seorang penulis yang tulisan-tulisannya telah banyak dimuat di berbagai media, baik media cetak maupun media online, baik media Kristen maupun media sekuler.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!