Tinggalkan Keduniawian

Tinggalkan Keduniawian

Bacaan: Roma 13:8-14

 

“Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.”
(Roma 13:13)

 

Nats Alkitab di atas sangat berkesan bagi Santo Agustinus, salah satu bapa gereja terbesar dalam sejarah.

Walaupun saat itu secara intelektual Agustinus sudah yakin akan kebenaran iman Kristen, namun ia masih ragu-ragu mengambil langkah konkret.

Di sisi lain ia juga punya masalah moral, memelihara seorang wanita dan telah melahirkan anak baginya.

Suatu hari, terombang-ambing oleh masalah tadi, ia berlari keluar ke taman. Di sana seorang anak berseru, “Ambillah, bacalah.”

Agustinus merasa bahwa itu adalah suara Roh Kudus baginya.

Maka ia membuka Alkitab dan membaca surat rasul Paulus dalam Roma 13:13-14 yang berbunyi,

“Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati. Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.”

Agustinus kemudian menulis, “Segera setelah membaca kalimat itu, terang keyakinan menyinari hatiku dan seluruh kabut kebimbangan lenyap seketika.”

Ini terjadi pada bulan Agustus tahun 386 Masehi. Dan pada hari Paskah berikutnya, Agustinus pun memberi diri dibaptis.

Kita adalah orang-orang yang telah ditebus Tuhan dari dosa, karena itu hendaknya hidup kita diabdikan pada hal-hal yang benar dan berguna dalam hidup ini.

Tidak bisa dipungkiri zaman sekarang adalah zaman yang serba gemerlapan. Globalisasi sedang terjadi. Nilai-nilai firman Tuhan mudah dikesampingkan. Dan nilai-nilai dunia yang mudah tersebar lewat teknologi informasi  meresapi hidup setiap orang di mana saja di dunia ini. Kita mudah terbuai saat ini oleh gaya hidup dunia yang serba gemerlap.

Namun bagi kita anak-anak Tuhan cara hidup yang benar tetaplah cara hidup yang digariskan di Alkitab.

Kita boleh-boleh saja, bahkan harus mengikuti perkembangan zaman, namun kita tidak boleh terlena olehnya. Tetaplah menjaga hidup sedermikian seturut kebenaran firman Tuhan.

Buanglah pesta pora, kemabukan, percabulan, hawa nafsu, bahkan perselisihan dan iri hati. Itulah yang seharusnya menjadi ciri kita sebagai anak-anakNya.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artiklel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

2 komentar untuk “Tinggalkan Keduniawian”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!